5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendesain Logo

Logo

Logo merupakan sebuah simbol penting yang dapat mencerminkan bisnis atau usaha yang anda miliki, karena seseorang dapat langsung menilai kualitas dan mutu dari sebuah perusahaan langsung dari logonya. Logo bukan hanya berlaku untuk perusahaan berskala menengah keatas saja, namun untuk anda yang baru memulai untuk mendirikan sebuah usaha, logo adalah hal yang penting karena akan menentukan masa depan dari usaha anda.

Logo dapat memberitahukan kepada pelanggan atau klien anda tentang siapa anda, apa keahlian usaha anda dan kualitas dari bisnis yang anda lakukan.
Untuk alasan ini, banyak para pendiri start-up menunjuk seorang desainer untuk membuatkan sebuah logo untuk perusahaan mereka. Walau begitu, ada beberapa kriteria yang harus anda pastikan agar logo yang anda buat bersama desainer anda cocok, pas dan mencerminkan perusahaan anda.

1. Kenalilah nama perusahaan anda

Mungkin hal ini terdengar cukup simpel dan mudah, tapi ini adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan agar bisa mencegah anda untuk mengeluarkan uang yang berlebih untuk membiayai desainer profesional.
Pastikan nama perusahaan anda tidak terlalu panjang dan terlalu kompleks dan coba pertimbangkan jika anda ingin menambahkan tagline perusahaan anda agar tagline tersebut tidak menghancurkan logo anda. Pakailah kata-kata yang simpel untuk tagline, anda bisa lihat dari tagline perusahaan besar seperti Samsung, McDonald, Coca-Cola. Mereka rata-rata hanya menggunakan 2-3 kata didalamnya.
Nama perusahaan anda dan logo haruslah saling berhubungan dan sinkron. Sinergi yang diciptakan antara logo dan nama perusahaan akan membuat logo tersebut mudah dikenal oleh orang lain.
Anda juga harus menginformasikan kepada desainer anda apakah logo yang akan dibuat ini adalah logo baru atau logo yang akan digunakan untuk menggantikan logo lama. Ini sangat penting, agar para pelanggan lama anda tidak terlalu aneh melihat logo baru anda karena anda sudah menyarankan desainer anda untuk menyesuaikan dengan logo lama anda.

2. Jenis logo perusahaan anda

Sebenarnya ada 3 jenis logo bisa anda pilih untuk logo perusahaan anda, tiap jenis logo tersebut akan mencerminkan sesuatu yang berbeda dari perusahaan anda dan kebanyakan desainer sudah mengetahui 3 jenis logo ini.
  1. Font-based Logo. Logo ini sangat mudah dikenal oleh pelanggan karena mereka dapat membacanya dengan mudah, tapi sayangnya logo sulit untuk menjelaskan tujuan dari Perusahaan anda.
  2. Representative Logo. Ini adalah logo yang akan mencerminkan perusahaan anda secara langsung kepada pelanggan anda, misalnya jika sebuah perusahaan penerbangan yang memiliki logo pesawat terbang untuk perusahaannya.
  3. Abstract Logo. Ini adalah logo yang paling banyak digunakan oleh perusahaan besar saat ini, kenapa? Logo ini tidak akan mencerminkan tujuan dan apa yang dilakukan oleh perusahaan anda, dan tapi logo ini akan mudah dikenal oleh pelanggan karena bentuknya yang unik. Contoh perusahaan yang menggunakan logo ini adalah Apple.
Sebagai pemilik usaha yang masih berkembang dan berukuran kecil anda sebaiknya memilih representative logo untuk perusahaan anda agar dapat dikenal secara langsung tujuan dari perusahaan anda dan layanan yang ditawarkan.

3. Pesan yang ada dibalik logo perusahaan anda.

Sebelum anda memberikan komisi kepada desainer anda, berikanlah sebuah pesan yang akan memperlihatkan tujuan dari perusahaan anda. Pesan tersebut dapat ditujukan melalui bentuk dan warna dari logo anda dan pastikan pesan itu mudah ditangkap oleh pelanggan anda.
Juga pikirkan unique selling points (USPs) dari perusahaan anda. Misalnya jika kecepatan dan efektifitas menjadi hal yang terutama bagi perusahaan anda, mungkin anda bisa memastikan desainer anda memberikan sebuah sentuhan kepada logo perusahaan anda untuk mencerminkan hal tersebut.

4. Pastikan logo perusahaan pas dengan tujuan utamanya

Anda harus tahu apa guna dari logo perusahaan anda, logo tersebut nantinya mungkin anda digunakan di kartu nama, website, surat perusahaan, alat-alat kantor anda, atau bahkan untuk iklan yang anda pasang untuk mempromosikan perusahaan anda. Semua media tersebut akan membatasi logo perusahaan anda. Anda harus memastikan karakter dari logo tersebut tetap kuat dan mudah dimengerti di segala media yang anda gunakan.
Ini khususnya untuk logo yang memiliki banyak warna, pertimbangkan biaya yang nanti anda keluarkan untuk mencetak logo tersebut dalam media cetak. Pastikan logo perusahaan anda tetap terlihat jelas dalam kondisi hitam putih. Percuma jika logo anda terlihat bagus dalam keadaan berwarna namun tidak terlihat dalam kondisi hitam putih.

5. Dan yang terakhir, cari desainer logo yang sesuai dengan kemampuan anda.

Didunia ini ada banyak sekali desainer yang memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah logo perusahaan, tugas anda sebagai pemilik usaha tersebut adalah pastikan anda mencari desainer yang pas dengan kemampuan anda sekarang ini.
Anda mungkin bisa menggunakan jasa desainer profesional yang mungkin sangat mahal jasanya, atau anda bisa menggunakan crowdsource yang akan memberikan banyak variasi desain dengan dana yang minim.
Sebagai saran, untuk anda yang baru mendirikan sebuah start-up, sebaiknya anda  tidak hanya memilih desainer yang paling murah, tapi coba pastikan kualitas mereka lewat portofolionya dan juga testimoni dari kliennya untuk memastikan kualitas mereka.

Semoga anda terbantu dengan 5 hal diatas dan mampu membuat logo yang terbaik untuk perusahaan atau startup anda.

Sumber : http://hot.yukbisnis.com
Ilustrasi: acidpix

0 comments:

Post a Comment