6 Tips Membuat Katalog Promosi Produk Yang Efektif

Meskipun sudah semakin jarang digunakan, katalog pemasaran dapat berhasil bila dijalankan dengan benar. Karena proses cetak, produksi dan biaya ongkos kirim, katalog pemasaran juga bisa sangat mahal dan merugikan jika tidak diterapkan dengan benar.

Apa teknik yang efektif untuk membuat katalog B2B atau katalog produk konsumen?
Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan berbagi 6 dari 10 tips untuk membuat atau mendesain katalog promosi produk, yang saya dapatkan dari "modern marketing partners" berikut ini :


1. Identitas Merek (Brand Identity)

Kunci sukses keberhasilan utama dari sebuah katalog adalah kekuatan merek Anda. Karenanya merek-merek yang sudah mapan akan menikmati ke-terkenal-an nya, sementara merek baru harus bergantung pada penamaan merek yang efektif, dan identitas grafis yang menarik.
Merek atau perusahaan yang kuat dan terkenal biasanya menggunakan nama merek dagang mereka sebagai nama katalog. Sementara merek dagang atau perusahaan yang tidak terkenal harus menggunakan nama katalog yang menarik, tapi boleh juga mempertimbangkan keterangan literal untuk menghindari kebingungan. Aspek lain dari identitas merek termasuk logo, dan subjek praktek terbaik berikutnya, desain.


2. Desain

Desain katalog yang efektif bergandengan tangan dengan identitas merek. Sampul atau kover harus memberikan kesan pertama yang menarik, sehingga konsumen memutuskan untuk membuka serta berinteraksi. Sampul harus menarik secara estetik, sambil mewakili isi atau konten katalog tersebut. Tergantung pada kategori katalog anda, apakah akan memberikan tawaran menarik, yang dapat memancing minat konsumen, atau ingin menciptakan rasa urgensi. Penyusunan katalog interior harus memudahkan penggunanya, sementara katalog yang besar harus memiliki daftar isi, folio atau label. Dan ingat, ruang putih yang baik! Sebuah aspek penting dari desain katalog adalah subjek dari salah satu praktik terbaik berikutnya, fotografi.


3. Konten atau isi

Konten harus jelas, ringkas, mudah dibaca, dan tergantung pada kategori, mau mendidik atau bahkan menghibur. Pengguna katalog harus dapat menemukan semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan pembelian, atau risiko kehilangan kesempatan membeli. Segala informasi pemesanan dan harga harus disajikan dengan mudah dan jelas terbaca.


4. Foto

Katalog terbaik adalah yang sangat baik secara visual, memungkinkan pengguna untuk membaca dan mengerti dengan hanya sedikit usaha. Fotografi mendukung pengalaman visual itu, foto lingkungan yang paling efektif, atau citra produk dalam pengaturan kehidupan nyata, idealnya lagi dengan orang-orang yang berinteraksi dengan produk Anda. Foto produk masih menjadi keharusan, dan bila memungkinkan, tambahkan juga produk sekunder dengan fotografi lingkungan yang berbeda.


5. Permudah cara pemesanan

Sediakan bermacam pilihan cara untuk pemesanan, mulai lewat telepon (idealnya dengan nomor yang mudah diingat) termasuk telepon bebas pulsa, aplikasi smartphone seperti whatapps dan bbm, juga website atau e-mail (memang sudah jarang menggunakan e-mail namun tetap harus dimasukkan dalam katalog Anda). Sorot atau perjelas pilihan pemesanan itu pada setiap halaman.


6. Promo 

Ciptakan rasa urgensi dengan promosi. Misal menawarkan pengiriman gratis selama 15 hari dari hari tersebut. Minimal pembelian sekian ribu, mendapatkan item premium secara gratis. Membeli sebelum tengah malam, dapatkan diskon 25%. Mendorong pembelian berulang dengan program loyalitas. Upsell atau cross-sell barang-barang yang terkait. Lihat Amazon.com, Order Sekarang!


Itulah Tips Desain Katalog dan Pemasaran yang Efektif

Memang bukan rahasia, penggunaan katalog promosi produk menurun seiring dengan terus meningkatnya biaya ongkos kirim dan pencetakan. Namun demikian, masih ada peluang untuk sukses dengan katalog pemasaran. Terutama ketika menerapkan kelima tips diatas. Terlepas dari jenis produk atau kategori pasar, ujilah selalu variabel yang berbeda seperti desain, daftar penerima, kampanye pencarian berbayar dan lain-lain. Ukur hasilnya, dan terus tingkatkan katalog pemasaran Anda.

Sumber : www.modernmarketingpartners.com

0 comments:

Post a Comment